Minggu, 12 Juni 2016

RDP, Gus Anton Tegaskan Pentingnya Pengamalan Pancasila


awan | Senin , 06 Juni 2016 - 16:28 WIB
Foto : Suasana RDP Abdul Qadir Amir Hartono, anggota MPR RI dan sekaligus anggota DPD RI, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan di gelar atas kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SATMAYA/ Ist

Publicapos.com- Abdul Qadir Amir Hartono, salah satu Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dan sekaligus Anggota DPD RI Asal Provinsi Jawa Timur, mengadakan kegiatan Rapat Dengar Pendapat  bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SATMAYA di Graha Kertaredjasa (Vihara Sekolah Budhis Kota Batu) Jl. Raya Mororejo No. 44 Kota Batu pada Senin (6/ 6/ 2016)

Acara yang menghadirkan para Pemateri yaitu Ki Ahmad Iswandi Budayawan Kota Batu, Nurbani Yusuf dari MUI Kota Batu dan Abdul Malik, Pakar Hukum serta ketua STIH Sunan Giri Malang.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan penampilan musik anak-anak kesenian Kota Batu serta dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat, dari aparat pemerintahan Kota Batu, Masyarakat, Aktivis dan Pegiat Seni-Budaya, serta Mahasiswa.

Dalam penyampaian materi, Gus Anton (Panggilan Abdul Qadir Amir Hartono) menjelaskan tentang pentingnya mengkaji nila-nilai yang terkandung dalam Pancasila. “Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus bersama-sama menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, apalagi pada 1 Juni kemarin kita telah bersama-sama memperingati hari kelahiran Pancasila” ujarnya dihadapan para peserta RDP.

Sebagai salah satu Pakar Hukum, Abdul Malik menyinggung tentang hukum tata negara dan posisi pancasila di Indonesia. Selain itu Ketua STIH Sunan Giri Malang tersebut juga mengkritisi wanca amandemen kelima UUD 1945 dan wacana tentang GBHN.

Perwakilan MUI Kota Batu, Nurbani Yusuf, mengatatakan “Menjaga NKRI dan Pancasila adalah bagian dari Iman, karena kecintaan kita terhadap Negara ini adalah bagian dari kecintaan terhadap agama (Iman)” dawuhnya. Ki Ahmad Iswandi Budayawan Kota Batu, lebih banyak menjelaskan tentang nilai-nilai filosofis dan sosiologis tentang pentingnya Pancasila di Indonesia.(tgh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar