Rabu, 28 September 2016

Ketua Komite I DPD RI Meninjau Calon Daerah Persiapan (DP) Kabupaten Seputih Barat



Lampung Tengah SGPFM : Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam dengan anggota antara lain Abdul Qadir Amir Hartono, Rijal Sirait, Muhammad Mawardi, Ahmad Subadri, serta Anggota DPD RI asal Lampung Syarif juga staf ahli Toni Mardiansyah juga staf sekretariat Komite I DPD RI Minggu (25/9/2016) melakukan peninjauan calon Daerah Persiapan (DP) Kabupaten Seputih Barat didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Lampung Tengah A.Ashar dan Kasubag Bina Otda pada Biro Otda Setdaprov Lampung Dorda.

Kedatangan rombongan di lokasi pusat pemerintahan disambut antusias oleh masyarakat dan tokoh masyarakat dan Camat Padang Ratu.

Diinformasikan oleh Kasubag Bina Otda Setdaprov Lampung Dorda usulan pemekaran dua calon DP Kabupaten Suputih Barat dan Seputih Timur sudah sejak tahun 2013 yakni dengan Surat Bupati Lampung Tengah Nomor 130/0739/01/2013 Tgl 23 Desember 2013 namun persyaratan administrasi belum lengkap. Setelah berkas administrasi lengkap maka Gubernur Lampung dan DPRD Provinsi Lampung menerbitkan Surat Persetujuan Bersama Nomor : G/498.aB.II/HK/2015 dan Nomor 160/1092/12.01/ 2015 Tanggal 19 Oktober 2015. Selanjutnya Bupati Lampung Tengah mengusulkan DOB tersebut ke Menteri Dalam Negri pada tanggal 11 November 2015. Demikian Dorda secara rinci menjelaskan kepada Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung Sumarju Saeni.
Walaupun baru ditinjau oleh Komite I DPD RI Dorda merasa bersyukur “Alhamdulilah hari ini Komite I DPD RI berkenan meninjau kelokasi, insyaaloh dapat mengusulkan untuk segera dibahas dan ditetapkan menjadi DOB Kabupaten mengingat dua daerah tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat” katanya.

Masih menurut Dorda calon DP Kabupaten Seputih Barat dengan luas wilayah 1.353,21 Km2 yang terdiri dari 8 Kecamatan yaitu

1. Padang ratu
2. Pubian
3. Anak Tuha
4. Anak Ratu Aji
5. Selagai Lingga
6. Bangun Rejo
7. Kali Rejo
8. Sendang Agung

Ibu Kota Kabupaten di Padang Ratu dengan luas 47,96Ha yang merupakan hibah murni dari masyarakat.

Sedangkan calon DP Kabupaten Seputih Timur terdiri dari 8 Kecamatan dengan luas 1.876,08 Km2 terdiri dari:

1. Kec.Bumi Nabung,
2. Way Seputih,
3. Seputih Banyak,
4. Seputih Surabaya,
5. Bandar Surabaya,
6. Bandar Mataram,
7. Rumbia,
8. Putra Rumbia

Direncanakan Ibu Kota DP Kabupaten Seputih Timur di Bumi Nabung dengan luas 10,6 Ha yang merupakan hibah murni masyarakat setempat. Disamping itu masyarakat Rumbia juga menghibahkan tanahnya seluas 24 Ha.


Pada peninjauan di calon DP Seputih Barat Ketua Komite I DPD RI sangat menghargai keseriusan masyarakat dan Pemkab Lampung Tengah serta Pemprov Lampung beserta DPRDnya dalam pembentukan kabupaten baru oleh karena itu Komite I DPD RI berkomitmen untuk mewujudkan karena memang secara administrasi dan fisik di lapangan calon Kabupaten Seputih Barat telah siap dan lengkap. Demikiam Dorda mengakhiri pembicaraannya.

Perlu diinformasikan sesuai agenda kunker besuk Senin (26/9/2016) Komisi I DPDRI akan mengunjungi Lokasi Ibu Kota DP Kabupaten Seputih Timur. (IP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar