Rabu, 22 Maret 2017

Kunjungan Kerja Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI


Selasa, 14 Maret 2017





Delegasi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah melakukan kunjungan kerja ke Kopenhagen, Denmark, pada tanggal 8 s/d 14 Maret 2017. Delegasi dipimpin langsung oleh Ketua BKSP DPD RI, Drs. Bahar Ngitung MBA, dan disertai oleh Senator dari provinsi-provinsi di Indonesia, yaitu: Dr. Pdt. Rugas Binti, B.D., M.Div. (Kalimantan Tengah),  G.K.R. Ayu Koes Indriyah (Jawa Tengah), Fabian Richard Sarundajang (Sulawesi Utara), Hj. Emilia Contessa (JawaTimur), HI. Ahmad Jajuli, S.IP., M.Si. (Lampung), Drs. H. Yusran A. Silondae, M.Si. (Sulawesi Tenggara), DR. Hj. Maimanah Umar, MA (Riau), Drs. H. Muhammad Idris, S. (Kalimantan Timur), dan Drs. A.D. Khaly (Gorontalo).

Dalam kesempatan pertemuan dan tatap muka dengan KBRI Kopenhagen, Ketua Delegasi BKSP DPD RI menjelaskan bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk menggali informasi dan melakukan studi banding tentang politik, potensi ekonomi, budaya, dan good governance di Denmark. Dalam hal ini, informasi tersebut dipandang bermanfaat terutama untuk menambah wawasan anggota Delegasi dalam proses pencatatan, perumusan, dan pengusulan suatu rancangan undang-undang tertentu.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Denmark dan Merangkap Republik Lithuania, Bapak Muhammad Ibnu Said dalam kesempatan yang sama menerangkan secara umum mengenai perkembangan bidang politik, keamanan, sosial budaya di Denmark, serta kerja sama antara kedua negara yang telah terjalin selama ini di sektor energi, transportasi, pertanian, dan pangan. Duta Besar RI juga menyampaikan harapan agar kiranya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah di Indonesia dapat berpartisipasi aktif dalam mempromosikan pariwisata dan memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat di Denmark.

Selama kunjungan kerja, sesuai dengan jadwal kegiatan yang sebelumnya telah disiapkan, Delegasi BKSP DPD RI telah mengadakan pertemuan dengan Ministry of Industry, Business and Financial Affairs, State of Green, Danish Agency for Higher Education, dan University of Copenhagen, terutama untuk menjajaki kemungkinan peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Denmark di sektor industri dan investasi, clean energy, dan pendidikan. Selain itu, Delegasi juga telah mengadakan pertemuan dan dialog dengan masyarakat Indonesia di Denmark yang antara lain dihadiri oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Denmark, Masyarakat Badminton Indonesia (MABID), Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI), Indonesian Moslem Society in Denmark (IMSD), dan diaspora Indonesia di Denmark.

Ketua Delegasi BKSP DPD RI, Bapak Bahar Ngitung menilai kunjungan kerja tersebut sangat bermanfaat bagi anggota, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas DPD RI untuk mengajukan usulan rancangan undang-undang, dan juga mencari ide-ide kreatif untuk keperluan pembangunan daerah. Secara khusus, Bapak Bahar Ngitung juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas sambutan hangat dan fasilitasi yang diberikan oleh KBRI Kopenhagen selama Delegasi berada di Denmark.​



Tidak ada komentar:

Posting Komentar