Kamis, 13 Oktober 2016

Sempat Ditunda, Mohammad Saleh Akhirnya Dilantik sebagai Ketua DPD


Rabu, 12 Oktober 2016 | 12:30 WIB


Ketua DPD baru Mohammad Saleh usai pelantikan

JAKARTA, KOMPAS.com


Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang malam sebelumnya batal hadir akhirnya datang dan langsung melantik Mohammad Saleh yang terpilih menggantikan Irman Gusman.
Seusai prosesi pelantikan oleh Ketua MA, Saleh mengucakan terima kasih kepada seluruh anggota DPD yang telah mengawal proses pemilihan Ketua DPD baru secara demokratis.
Ia juga meminta dukungan dari seluruh Anggota DPD untuk mengembalikan marwah lembaga perwakilan daerah tersebut yang sempat tercoreng karena Ketua DPD sebelumnya dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
"Terima kasih atas semua dukungannya dan mari kita kembalikan kehormatan DPD yang sempat terganggu dengan adanya kejadian sebelumnya (penangkapan Irman Gusman)," kata Soleh sesaat usai pelantikan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).
Ia menambahkan di bawah kepemimpinannya, konsolidasi internal DPD akan kembali diperkuat.
"Dengan adanya penguatan internal tentu kami berharap DPD bisa kembali optimal bekerja untuk memperjuangkan aspirasi daerah," lanjut Soleh.
Sebelumnya, sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (11/10/2016), Saleh terpilih sebagai Ketua DPD. Dalam pemungutan suara, senator asal Bengkulu itu unggul atas dua wakil Ketua DPD, Farouk Muhammad dan GKR Hemas.
Sedianya, Saleh langsung dilantik setelah terpilih.  Namun pelantikan batal terlaksana karena ketidakhadiran Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali sebagai pihak yang bertugas untuk melantik.
Padahal Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad mengatakan toga yang akan digunakan Ketua MA sudah disiapkan dan staf MA pun sudah sempat hadir di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen.
Penulis
: Rakhmat Nur Hakim
Editor: Krisiandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar