Selasa, 18 Oktober 2016

DPD Harus Solid Perjuangkan Penguatan Kewenangan



JAKARTA - Sejumlah masalah masih melingkupi lembaga DPD RI hingga hari ini. Namun persoalan tersebut seharusnya tidak membuat lembaga perwakilan daerah ini lemah. 

Sebaliknya, DPD harus lebih kompak dan memiliki komitmen yang sama, terutama dalam memperjuangkan penguatan kewenangannya. Mantan Ketua DPD RI Ginanjar Kartasasmita mengatakan, kekompakan akan memudahkan DPR dalam melakukan pendekatan ke fraksi-fraksi di MPR RI untuk mendukung usulan penguatan kewenangan DPD tersebut. Dia mengatakan DPD memiliki 132 anggota dan yang saat ini aktif 131 anggota. Mereka harus melakukan pendekatan secara intensif dan santun dengan fraksi-fraksi di MPR dan DPR. 

Dalam melakukan pendekatan, kata dia, anggota DPD harus dapat bersikap fleksibel dan tegas namun tidak keras. ”Di sisi lain, DPD juga harus terus membangun opini yang dapat menggugah simpati masyarakat untuk berempati kepada DPD RI,” ujarnya pada seminar ”Penguatan DPD sebagai Penyeimbang dalam Parlemen Indonesia” di Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin. Ginanjar juga mengingatkan sikap partai-partai politik melalui fraksinya di MPR dan DPR berbeda-beda sehingga anggota DPD harus dapat mencermati secara kritis. 

Terhadap partai politik yang secara tegas tidak mendukung usulan DPD RI, menurut dia, anggota DPD tidak perlu menghadapinya secara frontal. ”Namun dengan adanya dukungan simpati dari masyarakat maka sikap partai politik dapat berubah,” katanya. Ginanjar juga mengatakan untuk mendapat dukungan dari partai politik dan simpati masyarakat, DPD mesti kompak dan tidak gaduh. Kegaduhan yang terjadi di DPD RI, menurut dia, justru dapat menurunkan simpati masyarakat. 

Sementara itu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie menegaskan bangsa Indonesia harus bersikap terus maju ke depan. Dia berpandangan keberadaan lembaga DPD perlu dipertahankan dan perlu penguatan. ”Penguatan kewenangan DPD harus diperjuangkan oleh para anggota. Anggota DPD harus kompak dan melakukan lobi ke fraksi-fraksi di MPR,” kata Jimly Asshiddiqie pada seminar yang sama. Menurut Jimly, keberhasilan perjuangan DPD sangat tergantung pada kekompakan dan tekad para anggotanya untuk melakukan lobi-lobi ke fraksi fraksi di MPR. 

”Kalau fraksi DPD di MPR yang memiliki 132 anggota tidak dapat melakukan lobi ke fraksi lainnya yang jumlahnya lebih sedikit, maka terasa aneh, mengapa tidak bisa,” katanya. 

Mula akmal/ant 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar