Minggu, 09 Oktober 2016

Hujan Terus Mengguyur, Masyarakat di Sampang Diminta Waspadai Banjir


Senin 10 Oct 2016, 01:59 WIB
Zainal Effendi - detikNews


Add caption


Surabaya - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf mengimbau masyarakat di Kabupaten Sampang, Madura, meningkatkan kewaspadaan karena ancaman banjir besar bisa terjadi.

Hujan yang mengguyur terus menerus diprediksi akan membuat Kali Kemuning tak lagi mampu menampung volume air yang juga berasal dari anak sungai lainnya.

"Informasi yang saya terima ada kemungkinan banjir akan terjadi di Sampang disebabkan karena hujan yang terus menerus sepanjang Hari Minggu ini," ungkap Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul kepada detikcom, Senin (10/10/2016) dihari.

Gus Ipul menyebut jika ancaman banjir bisa terjadi di Kecamatan Robatal, Kedundung dan omben. 

"Air mengalir cukup besar dan menuju ke Kali Kemuning. Diperkirakan air sampai di Kota Sampang pagi antara Pukul 05.00 -06.00 WIB," terang Gus Ipul.

Jika air laut di muara sungai pasang maka kemungkinan besar, kata Gus Ipul, Kali Kemuning meluap dan akan menggenangi Desa kemuning, Pasean, Tanggumung bagian timur, Punggung, Gunung Maddah, Dalpenang, Jl Imam Bonjo, depan RRI, Jl Syuhada, Jl Melati, Jl Mawar dan Jl Bahagia.

Pengalaman yang terjadi pada 25 September lalu, ketinggian banjir yang merendam pusat kota Sampang mencapai 40 Cm hingga 100 Cm. 
"Ini sekaligus sebagai informasi awal kepada seluruh masyarakat.
Mohon semua pihak bersiaga," pesan Gus Ipul.

Untuk mengantisipasi banjir besar, Gus Ipul memastikan jika BPBD Provinsi Jatim maupun BPBD Sampang serta Polri maupun TNI sudah siaga.

"Perahu karet hingga dapur darurat sudah ready jika sewaktu-waktu banjir besar kembali terjadi," kata Gus Ipul. 

(ugik/ugik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar